27/08/08

Tips Memilih PDA Phone Bekas.

Apakah Anda akan mempunyai rencana membeli sebuah/beberapa PDA (Personal Data Assistant). Ada hal-hal yang harus di perhatikan, di antaranya :

1. Pastikan stiker "Logo" dari vendor yang terletak dibelakang baterai masih dalam kondisi bagus, ini untuk mencermati bahwa PDA tersebut belum pernah rusak komponen dalam nya.

2. Anda dapat memeriksa kualitas baterai dengan melakukan restart 3 kali. Dan perhatikan indikator baterai PDA tersebut, apabila baterai mengalami drop bisa dipastikan bahwa baterai tersebut sudah tidak layak pakai.

3. Lakukan panggilan ke nomor yang Anda kenal untuk memriksa kualitas sinyal pada PDA tersebut, juga untuk memeriksa loudspeaker maupun tanpa loudspeaker. Ini juga untuk memeriksa IC PA yang bertugas untuk menerima atau membuat panggilan ke sebuah nomor. Apabila dalam melakukan panggilan/menerima terdapat sesuatu yang tidak beres (misal suara putus-putus, tidak jernih) bisa dipastikan IC PA tersebut sudah lemah.

4. Uji lah juga dengan memutar sebuah lagu MP3/video 3GP/Radio kalau ada untuk menguji kualitas lousdspeaker juga layar untuk menampilkan video. Test juga dengan headset bila disertakan.

5. Coba juga kamera PDA kalau ada untuk melihat kualitas hasil kamera.

6. Lakukan juga test Bluetooth, Inframerah(IRDA), WIFI dan USB dengan mengirimkan atau menerima file. Apabila dalam uji tersebut, PDA mengalami restart atau hang; patut di curigai ada komponen yang bermasalah.

7. Periksa memory PDA apakah ada yang corupt/rusak. Dengan melihat spesifikasi yang seharusnya terdapat dalam PDA tersebut, dengan PDA yang akan Anda beli.

8. Hal lain yang harus diperiksa adalah dalam hal teknis. Jangan sampai IC power pada PDA lemah. Cek juga konektor-konektor apakah masih berfungsi dengan semestinya. Lakukan charge untuk melihat apakah pada indikator PDA ada perubahan.

9. Pastikan garansi berlaku berapa bulan dan apa aja yang di garansi.

Selamat berburu PDA, yang Anda inginkan jangan memaksakan membeli apabila masih ragu-ragu. Lebih baik melihat tempat lain, untuk membandingkan kualitas dan harga yang diberikan.

(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Ping in TotalPing.com